Kamis, 10 November 2011

Ribuan Buruh Bogor Demo Kantor Bupati Tuntut Kenaikan UMK

BOGOR - 08 Nov 2011 Sekitar 3000 buruh di Kabupaten Bogor yang tergabung dalam Forum Komuniksi Serikat Pekerja - Serikat Buruh Kabupaten Bogor melakukan aksi unjuk rasa ke Kantor Bupati Bogor, di Cibinong.

Dalam aksinya ribuan buruh melakukan konvoi dengan menggunakan roda dua di sepanjang Jalan Raya bogor menuju Kantor Bupati Bogor.

Para buruh yang melakukan aksi tersebut berasal dari SBSI, FSP KEP, PPMI 98, FSPMI, FSP LEM-SPSI, FSPU, FSP RTMM-SPSI, FSP Farkes - REF, FSP TSK, Gaspermindo, FSBDSI dan FSBPJ.

Para buruh menuntut kenaikan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Kabupaten Bogor tahun 2012 sebesar Rp1.280.607 sesuai Permenakertarns nomor 17 tahun 2005 pasal 3 tentang nilai kebutuhan hidup layak. 

Menurut perwakilan buruh Martanto upah buruh saat ini sebesar Rp1.172.000 dan meminta naik 11 persen untuk tahun 2012. " Kami akan terus memperjuangkan hak - hak buruh terutama UMK Bogor," katanya.

Menurutnya, kenaikan UMK tersebut sesuai survai yang dilakukan Dewan Pengupahan Kabupaten Bogor yang terdiri dari unsur SP, Pemerintah, Apindo dan Dewan Akademis. Martonto akan terus melakukan aksinya hingga tuntutannya dikabulkan Bupati Bogor. 

" Kami akan melakukan aksi selama tiga hari berturut - turut," jelas Martanto.

Pantauan di lokasi, ribuan buruh masih melakukan orasi di depan kantor Bupati. Namun aksi buruh akan tidak membuahkan hasil karena orang nomor satu di Kabupaten Bogor sedang berada di Arab Saudi.

sumber : okezone.com

0 komentar:

Poskan Komentar