Sabtu, 05 November 2011

Ciri Hewan Kurban yang Sehat

Inilah ciri hewan kurban yang sehat menuru para ahli dari Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Instutut Pertanian Bogor (IPB)
Ketua Tim Pemeriksa Kesehatan Hewan Qurban FKH IPB drh Triyoso Purnawarman MSi di Bogor, Selasa, mengatakan, terdapat sejumlah kriteria yang mudah diketahui dalam mengamati kesehatan hewan qurban, berikut cirinya :
  1. Lincah bergerak, sedangkan hewan yang sakit pada umumnya kurang banyak bergerak dan terlihat tidak lincah.
  2. Hewan yang sehat biasanya memiliki nafsu makan yang tinggi dan sebaliknya, hewan yang sakit umumnya kurang nafsu makan.
  3. Hewan yang sehat biasanya memiliki bulu yang mengkilat. Hewan yang sehat tidak mengalami perubahan di kepala dan matanya tampak bersinar.
  4. Hewan sehat mulutnya tidak memiliki kelainan serta telinganya tidak sobek.
  5. Bila ekornya tidak patah, biasanya kesehatanhya baik. Hewan yang sehat biasanya ditunjukkan dengan badannya yang tampak tidak kurus.
"Hewan yang akan dikurbankan juga harus mengikuti persyaratan seperti dijelaskan di dalam agama Islam, di antaranya harus sempurna. Hewan yang gemuk dan sehat tapi dikebiri itu tidak sah dijadikan sebagai hewan kurban," katanya.

Selain itu, harus cukup umur. Untuk domba atau kambing di atas 1 tahun sementara sapi di atas 2 tahun. Hal ini bisa dilihat dari dua gigi seri bagian depan terlihat berubah dari susu menjadi tetap dan gigi bagian bawah warnannya dari putih menjadi kecoklatan.

"Agar tidak mengganggu perkembangan reproduksi hewan, lebih baik yang disembelih adalah yang jantan," tambahnya. (abd)

sumber : sehatnews.com

0 komentar:

Posting Komentar