Selasa, 08 November 2011

Kec. Cibinong Mendapatkan Dana senilai Rp 3,6 Miliar

IBUKOTA Kabupaten Bogor, Cibinong mendapatkan aliran dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri sebesar Rp 3,6 Miliar. Namun, pemanfaatan dana sebesar itu dilakukan secara bertahap. Selain itu, dana pemanfaatan PNPM Mandiri baru dilakukan di tiga kelurahan di Kecamatan Cibinong.

Penanggung Jawab Operasional Kegiatan (PJOK) PNPM Kecamatan Cibinong Encep Wahyu mengatakan Kecamatan Cibinong memang mendapatkan dana senilai Rp 3,6 Miliar untuk 12 kelurahan. Rincinya, kata dia, Rp 200 juta untuk Nanggewer Mekar, Cirimekar, Tengah dan Pondok Rajeg. Sedangkan Pakansari, Ciriung, Cibinong, Pabuaran, Nanggewer, Harapan Jaya, Karadenan dan Sukahati mendapatkan masing-masing Rp 350 juta "Kami memang mendapatkan dana sebesar itu. Tapi, pemanfaatan dana tersebut tidak bisa langsung dan harus dilakukan secara bertahap.

Saat ini saja, pencairan dana PNPM Mandiri baru tahap pertama dan masih ada dua tahapan berikutnya," ungkap. Encep, kemarin. la juga mengatakan pemanfaatan tahap awal PNPM Mandiri di Kecamatan Cibinong baru tiga kelurahan, diantaranya Cirimekar, Cibinong dan Sukahati. Ketiga kelurahan, lanjut dia, memanfaatkan aliran dana program penanggulangan kemiskinan tersebut dalam bentuk pembangunan fisik "Saat ini memang baru tiga kelurahan saja yang sedang memanfaatkan dana PNPM Mandiri.

Masyarakat di tiga kelurahan tersebut menggunkan dana PNPM untuk membangun infrastruktur, seperti betonisasi jalan yang telah berlangsung di Kampung Sampora Kelurahan Cibinong," tandas pria yang menjabat sebagai Kepala Seksi Perekonomian di Kecamatan Cibinong itu. Lebih lanjut ia mengatakan pemanfaatan dana PNPM Mandiri di Cibinong memang mengalami keterlambatan la mengakui persyaratan dalam pencairan dana PNPM tersebut dirasa menyulitkan Badan Kewaspadaan Masyarakat (BKM) dalam mengurus adrninistrasinya. "Saya kira program ini sangat baik untuk di jadikan pembelajaran masyarakat karena pemanfaatan dana ini melibatkan langsung masyarakat. Namun, tahapan-tahapan pemanfaatan PNPM Mandiri memang agak sulit," katanya

sumber : http://arsip.pnpm-mandiri.org

1 komentar:

Warung Bebek ABG - Serundeng Sambel jo mengatakan...

Bebek Goreng ABG
Saya harapkan penyaluran dana PNPM atau sejenisnya dapat meningkatkan perekonomian warga sekitarnya ...karena kenyataannya masih banyak warga cibinong yg membutuhkan bantuan ..jangan disalahgunakan oleh orang yg tidak bertanggung jawab,

Bebek Goreng ABG
Setu cikaret

Posting Komentar