Jumat, 02 Desember 2011

PKK Kabupaten Bogor Selamatkan Bumi

Menjanlankan komitmen nasional yang diamanatkan Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono, hari ini (Kamis/1/12), Tim Penggerak Pemberdayaan Keluarga Sejahtera (TP PKK) Kabupaten Bogor melakukan kegiatan tanam, tebar, pelihara 5000 pohon di Taman Safari Indonesia Kecamatan Cisarua. Kegiatan ini merupakan aksi nyata TP PKK Kabupaten Bogor dalam rangka menyelamatkan bumi.

Meningkatnya suhu udara di bumi berdampak pada pemanasan global yang ditandai dengan kebakaran hutan, meningkatnya efek rumah kaca, menipisnya lapisan ozon dan tentunya berdampak pada kelangsungan hidup umat manusia. Menyikapi hal ini Indonesia melalui Presiden RI, menanggulanginya dengan aksi menanam pohon dalam jumlah besar. Kali ini Presiden SBY mengamanatkan menanam 1 Miliyar pohon di seluruh Indonesia.

Menggubris amanat presiden tersebut, TP PKK Kabupaten Bogor yang diketuai Elly Rachmat Yasin melakukan aksi nyata dengan sebutan Gerakan Perempuan Tanam, Tebar, Pelihara Tahun 2011. Kegiatan ini merupakan wujud partisipasi aktif kaum perempuan terhadap penyelamatan lingkungan hidup dan aksi kebersamaan dalam memberikan andil mewarisi lingkungan sehat kepada generasi mendatang.

TP PKK Kabupaten kali ini menanam 5000 pohon yang dilakukan secara simbolis sebanyak 100 pohon. Pohon-pohon ini terdiri dari jenis Akasia, Suren, Sengon dan Akanila. Panitia kegiatan yang diketuai oleh Juniati Abdul Kholil memilih lokasi Taman Safari Indonesia karena dianggap termasuk daerah resapan air.

Ketua Tim PKK yang diwakili Hj.Saptariani mengatakan pada tanggal Satu Desember ini seluruh organisasi perempuan di Indonesia serentak melakukan aksi penanaman pohon. “Kegiatan ini bertujuan untuk memelihara air tanah serta menciptakan lahan resapan air yang dapat mencegah berbagai bencana alam seperti banjir. Maka tanamlah pohon sekarang dan selamatkan bangsa di masa mendatang”, ungkap Wakil Ketua TP PKK ini.

Acara ini dibuka oleh Wakil Bupati Bogor Karyawan Faturachman dan diikuti oleh para perempuan yang tergabung dalam berbagai organisasi perempuan di Kabupaten Bogor. Turut hadir Direktur Utama Taman Safari Indonesia, sejumlah pimpinan SKPD, Komandan Lapangan Udara Atang Senjaya, Tokoh Masyarakat dan segenap Unsur Muspika.

Menanggapi lokasi penenaman kali ini Wakil Bupati mengatakan bahwa hal ini dirasa sudah tepat, karena bukan melihat tempatnya dimana tapi melainkan fungsinya apakah sudah tepat. “Lokasi disini sudah tepat karena fungsinya akan lebih terasa jika menanam puhon di daerah hulu sungai ketimbang di hilir sungai. Jadi di TSI ini sudah tepat karena termasuk pada daerah hulu sungai”, jelas Karyawan.

Karyawan menambahkan, kita harus ikhlas melakukan kegiatan ini karena alasan ibadah dan rasa syukur kepada sang pencipta. Ini bukan kemauan kita tapi ini adalah komitmen nasional untuk selamatkan bumi. Kegiatan ini dilakukan menyeluruh karena melibatkan seluruh komponen masyarakat.

Selain aksi penanaman ada pula aksi penebaran 40.000 bibit ikan pemakan bulma seperti ikan tawes yang dilakukan di dua lokasi yakni di TSI dan Telaga Warna. Ikan. Usai pembukaan acara perwakilan TP PKK satu persatu mulai menanam pohon di sekitar lokasi yang sudah ditentukan. Sementara Wakil Bupati secara simbolis menebar bibit ikan di telaga yang berada di sekitar lokasi.

0 komentar:

Posting Komentar