Jumat, 28 Oktober 2011

Kab. Bogor Sukseskan Kemilau Nusantara 2011

Event Kebudayaan dan Pariwisata Nasional, Kemilau Nusantara 2011 sekses terselenggara di Kabupaten Bogor. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Barat Herdiwan di depan seluruh hadirin yang memenuhi Jalan Tegar Beriman Cibinong Minggu (23/10).

“Acara Kemilau Nusantara 2011 kali ini bisa dikatakan sukses, belum dimulai pun pengunjung sudah banyak yang berdatangan. Saya kagum dengan Kabupaten Bogor, pasalnya dari jumlah peserta saja sudah lebih dari 10. Harapannya di setelah acara ini berlangsung dapat meningkatkan jumlah wisatawan ke Jawa Barat khususnya ke Kabupaten Bogor”, tandas Herdiwan.
Acara yang diikuti 23 peserta dari kabupaten dan 14 dari utusan profinsi ini menghadirkan pawai kebudayaan khas daerah masing-masing. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heriawan dan Wakil Bupati Bogor Karyawan Faturachman didampingi Putri Indonesia Maria Silena hadir membuka event nasional ke delapan ini.

Dalam sambutannya, Gubernur mengatakan ini adalah even nasional yang ditanggungjawabkan kepada Jawa Barat. Sebelumnya tujuh kali berturut-turut deselenggarakan di Bandung, kini kali pertama acara ini deselenggarakan di Kabupaten Bogor. Menurut hematnya, maasyarakat harus menyambut baik helaran kemilau nusantara ini sebab dengan cara ini kita bisa lebih mengenal potensi budaya yang ada di tanah air. 

Heriawan pun menambahkan, bahwa kita seharusnya lakukan pendekatan budaya dan pariwisata dengan pendekatan industri dan ekonomi. Saat ini kita menyelenggarakan acara kebudayaan maka saat ini juga kita sedang meningkatkan perekonomian.

“Harusnya tempat-tempat pariwisata yang luar biasa potensinya dipelihara dan di urus oleh kementrian pasti ekonomi akan tumbuh di sana. Jangan sampai kita bicara ekonomi adalah seluruhnya industri dan perusahaan. Betapa potensi ini dapata berperan terhadap pembangunan dan infrastruktur”, papar Gubernur.

Lebih lanjut ia mennghimbau untuk memandang budaya dan pariwisata menjadi bagian yang tak terpisahkan dengan jiwa manusia. Karena nuansa ini dapat memberikan ketenangan jiwa. “Kalau ada istilah keamanan pangan kini mari kita deklarasikan keamanan pariwisata dan budaya untuk menjamin ketenangan dan kesehatan jiwa manusia”, usul Heriawan.

Kemudian Wakil Bupati Bogor Karyawan Faturachman mengatakan hal senada dengan Gubernur Jawa Barat, bahwa kesenian-kesenian tradisional dari seluruh nusantara dapat diolah kembali dengan lebih kreatif dan dimasyarakatkan kembali ke berbagai komunitas. Sehingga kekayaan budaya kita akan terus lestari dan berkembang secara optimal serta memberikan kontribusi bagi peningkatan daya tarik wisata dan pendapatan daerah.

“Tradisi Nusantara bukan hanya kental dengan nilai-nilai keindahan, keseimbangan, dan keagungan. Akan tetapi juga mencerminkan nilai-nilai kebersamaan, kekeluargaan dan gotong royong yang sangat penting bagi pertumbuhan kita sebagai bangsa”, jelas Wabup.

Karyawan menambahkan, bahwa bagi kami kegiatan ini adalah bagian dari tindakan kongkrit kita bersama untuk menyelamatkan kehidupan bangsa dari krisis budaya serta menjaga kekuatan akar budaya bangsa yang diharapkan menguatkan kearifan local serta memberikan pengaruh positif bagi meningkatnya kegiatan pariwisata.(RID)

sumber : bogorkab.go.id

0 komentar:

Posting Komentar